Manajemen sumber daya manusia
MATERI KE II
1.FUNGSI MANAJEMEN SDM
2.TUJUAN MSDM SECARA UMUM
3.PERMASALAH UMUM MSDM
1.Fungsi Manajemen SDM
A.Staffing
Staffing atau yang juga dikenal sebagai pengelolaan terhadap tenaga kerja organisasi. Dalam setiap penerapannya, staffing ini dilakukan dalam tiga tahapan, yakni perencanaan, penarikan, dan seleksi.Staffing berperan penting dalam membantu perusahaan merekrut sumber daya manusia berkualitas dalam melakukan setiap tugas serta tanggung jawabnya.
B.Performance evaluation
SDM selalu bertanggung jawab terhadap serangkaian pembinaan dan pengawasan terhadap tenaga kerja yang dimiliki organisasi. Hal tersebut sangat memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi karyawan ataupun calon karyawan yang terpilih nantinya. Setiap proses evaluasi atau penilaian juga dilakukan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh divisi SDM bersangkutan.
C.Compensation
Divisi SDM bertanggung jawab dalam mengatur gaji setiap pegawai dalam suatu organisasi. Seperti yang diketahui, gaji adalah bentuk penghargaan yang diberikan organisasi atas kinerja pegawai. Oleh sebab itulah, pengelolaan gaji memberikan pengaruh cukup signifikan dalam iklim kerja suatu organisasi.
D.Training and Development
Manajemen SDM juga berfungsi sebagai pusat pelatihan bagi seluruh elemen sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya supaya pegawai/karyawan mampu bekerja secara maksimal. Tak hanya itu saja, SDM juga bertanggung jawab penuh untuk memberikan solusi terhadap berbagai kendala yang dialami karyawan untuk memaksimalkan kinerjanya.
E.Employee relation
Salah satu tugas dan tanggung jawab MSDM adalah berupaya membangun relasi yang baik dengan pihak lain yang berhubungan dengan tenaga kerja, seperti serikat pekerja. Hal ini bertujuan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif bagi pegawai/karyawan, karena pada akhirnya berbagai permasalahan bisa diatasi dengan baik. Relasi semacam ini juga bertujuan untuk menghindari kemungkinan pegawai melakukan tindakan demonstrasi yang pasti merugikan organisasi.
F.Personal research
MSDM harus mampu melakukan analisis terhadap setiap permasalahan, seperti misalnya PHK dan memberikan solusi terbaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah karyawan dari beragam hal yang bisa mengganggu kinerjanya.
G.Safety and Health
Iklim yang kondusif, aman, dan sehat bisa membuat pegawai melakukan pekerjaannya secara maksimal. Nah, salah satu tanggung jawab MSDM adalah memberikan jaminan keselamatan kerja sekaligus kesehatan bagi seluruh elemen SDM terkait dalam suatu organisasi.
2.Tujuan MSDM secara umum
A.Sosial
MSDM juga memiliki tujuan sosial yang berupa pertanggungjawaban secara sosial terhadap tantangan tenaga kerja perusahaan. Selain itu, setiap MSDM juga bertanggung jawab penuh terhadap seluruh keperluan elemen SDM dalam suatu organisasi.
B.Organisasional
Tujuan MSDM selanjutnya adalah organisasional atau sasaran formal yang dibuat dan disusun dengan baik dan memiliki tingkat efektivitas tinggi. Sasaran yang dibuat tersebut memiliki tujuan untuk membantu organisasi dalam mencapai setiap tujuannya.
MSDM organiasasi harus mampu mempertahankan kontribusi elemen sumber daya manusia di setiap bidang. SDM yang dimiliki organisasi harus dirawat
dengan baik supaya mereka mampu memberikan kontribusi secara optimal bagi keberlangsungan perusahaan.
C.Pribadi atau individual
Setiap manajer SDM di suatu organisasi pasti diberi wewenang untuk memperhatikan tujuan pribadi atau individu kepada setiap SDM yang ada. Tujuan pribadi ini harus diarahkan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan supaya memudahkan pencapaian tujuan organisasi.Melalui tujuan pribadi semacam ini, perusahaan bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan/ pegawai sehingga tercipta kontribusi yang optimal. Kontribusi seluruh elemen SDM dalam pelaksanaan tugas secara optimal ini bakal membuat tujuan perusahaan lebih mudah dicapai.
3.PERMASALAHAN UMUM MSDM
1.Informasi Mengenai pegawai yang Tidak Lengkap
2.Menyepelekan Pelatihan Sumber Daya Manusia
3.Gegabah dalam Merekrut
4.Karyawan/pegawai baru Baru
5.Pemberian Job Description yang Tidak Lengkap
6.Menjanjikan Hal yang Tidak Sesuai
7.Kebijakan SDM yang Kurang Memadai
8.Subjektif Terhadap Karyawan
9.Kurang Menaati Aturan UU Ketenagakerjaan
Baca juga : MATERI 3 MSDM